fbpx
Connect with us

Ubah Gaya Hidup Kamu Untuk Kulit yang Sehat

Health & Lifestyle

Ubah Gaya Hidup Kamu Untuk Kulit yang Sehat

Kulit yang Sehat

Perubahan terhadap kulit ternyata banyak terjadi akibat gayahidup seseorang. Kebiasaan hidup yang buruk akan banyak empengaruhi kondisi kulit kamu sekarang. Mulai dari permasalahan seperti kulit kusam, komedo, hiperpigmentasi, dan jerawat. Gaya hidup yang buruk ini juga akan membuat skincare dan perawatan kulit yang kamu lakukan akan terasa lama efeknya. Karena pada dasarnya, perawatan kulit lebih dari sekedar merawat kulit. Untuk itu, berikut tips gaya hidup untuk kulit yang sehat.

Minum Banyak Air

Tubuh manusia terisi atas sekitar 60 persen air, sangat masuk akal jika ahli kesehatan selalu menyarankan untuk minum enam hingga delapan gelas sehari. Dengan mengonsumsi air yang cukup, sistem kekebalan tubuh kamu akan dalam kondisi yang prima. Air juga akan terhubung dengan sirkulasi darah dalam tubuh kita, yang akan membantu menjaga kulit agar tampak lebih cerah dan sehat. Denag minum air yang cukup, kulit kam juga akan terhidrasi dengan baik sehingga kelembabapan kulit juga akan terjaga.

Pola Makan yang Sehat

Kulit seseorang bisa mencermikan apa yang telah dimakan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, makanan dengan diet seimbang adalah cara optimal untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat, dan ini akan tercermin dari luar. Namun, kamu juga harus ingat ketika merubah pola makan yang sehat, bukan berarti akan langsung memperbaiki kulit kamu sekarang. Konsumsi sayur dan buah-buahan setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Asam lemak dan antioksidan juga menjadi sumber nutrisi yang bagus untuk kulit kamu. Ada baiknya, kamu juga kenali makanan penyebab jerawat.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup adalah hal yang paling penting untuk menjaga kulit kamu tetap sehat. Saat tubuh sedang beristirahat, tubuh kamu akan memperbaiki dirinya sendiri dengan optimal. Selama kamu tidur, darah akan mengalir ke kulit dan akan membawa oksigen ke kulit. Pada saat kamu tidur, molekul asam amino akan memproduksi lebih banyak kolagen. Bukan hanya itu, dengan tidur yang cukup tubuh akan membuang racun dalam tubuh kita. Kurang tidur, juga akan memperlemah fungsi skin barrier atau lapisan kulit terluar yang menyebabkan gangguan kulit, seperti eksim, dan mempercepat tanda-tanda penuaan.

Kurangi Stres

Stres pasti dialami oleh banyak orang setiap harinya. Stres merupakan seseutau ang harus kamu pelajari dan kelola dengan baik. Stres, menyebabkan tubuh kamu melepaskan hormon seperti adrenalin dan kortisol yang seharusnya meningkatkan energi dan membantu kamu menghadapi stres itu sendiri. Namun, kadar tinggi hormon-hormon ini untuk jangka waktu yang lama melemahkan pelindung epidermal, yang bisa memperburuk kondisi yang ada atau memperlambat kesembuhan luka. Ketika kadar kortisol meningkat, kelenjar sebasea akan menghasilkan lebih banyak minyak dan membuat kulit tersumbat dan berjerawat.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top