fbpx
Connect with us

Manfaat Dan Hubungan Skincare dengan Kesehatan Mental

Discuss with Doctor

Manfaat Dan Hubungan Skincare dengan Kesehatan Mental

Skincare Dengan Kesehatan Mental

Rutinitas skincare ternyata bukan hanya tentang kulit semata. Jarang kita ketahui bahwa rutinitas skincare juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita, lho! Menggunakan skincare rutin, menjadi komitmen merawat tubuh dan menghargai diri sendiri lebih baik lagi. Setelah melakukan skincare rutin, juga membuat mood kamu menjadi lebih baik. Melakukan skincare rutin, bisa diibaratkan seperti saat kamu selesai mendengarkan lagu kesukaan kamu. Ternyata hubungan skincare dengan kesehatan mental bukan hanya omong kosong belaka, lho! Menurut Matt Traube, psikoterapis klinis berlisensi dan psikodermatolog di Santa Barbara, California, mengatakan bahwa menerapkan rutinitas–termasuk kebiasaan makan yang sehat, olahraga, membuat jurnal, dan merawat kulit adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, baik dalam tubuh maupun pikiran kita.

Rutinitas perawatan kulit yang penuh perhatian adalah sesuatu yang kamu lakukan setiap hari – pagi dan sore hari yang mampu mengurangi stres kamu, mendorong untuk merawat diri, memperkuat harga diri, meningkatkan ikatan sosial kamu, dan hal itu bisa menjadi sangat menyenangkan! Oleh karena itu, skincare routine tidak hanya menjaga kulit kamu tetap sehat dan terlindungi, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan mental dan emosional.

Bahkan menurut dr. Nikotela MD, chief dermatology resident physician dan duta besar MEDELITA HIP dari Virginia. “Sangat penting untuk meluangkan waktu sejenak di hari-hari kau untuk menyesuaikan perasaan. Hidup tidak hanya tentang “lakukan apa yang harus dilakukan” – ini juga tentang bersantai dan menjaga diri sendiri! Perawatan kulit adalah cara luar biasa untuk melakukan hal itu”.

Saat kamu mulai merasa stres dengan aspek lain dalam hidup kamu, rutinitas perawatan kulit bisa menjadi tempat yang aman bagi kamu untuk bersantai, merawat tubuh, dan bersenang-senang! Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2018 di Lancet Psychiatry, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mempunyai skincare routine yang kurang konsisten lebih mudah mengalami gangguan depresi dan bipolar mayor. Sementara itu, mereka yang rutin menggunakan skincare lebih mungkin memiliki suasana hati yang lebih tenang, menyenangkan, dan jauh dari depresi.

Krisis kesehatan mental sangat nyata adanya, dan jika kamu mengalami kecemasan yang parah, depresi, atau gangguan mental lainnya, pastikan untuk segera menghubungi dokter atau terapis untuk mendapatkan bimbingan.

Comments

comments

Artikel lain di Discuss with Doctor

To Top