fbpx
Connect with us

Serba Serbi Jerawat Pada Punggung

Health & Lifestyle

Serba Serbi Jerawat Pada Punggung

jerawat di punggung

Sama dengan wajah, jerawat di punggung juga bisa disebabkan oleh produksi kelenjar minyak berlebih, sel kulit mati, serta infeksi bakteri pada pori-pori di kulit. Meskipun jerawat punggung kebanyakan dialami oleh pria, namun tidak menutup kemungkinan wanita juga mengalami hal tersebut. Selain penumpakan minyak yang berlebih, sel kulit mati, dan infeksi bakteri jerawat pada punggung bisa terjadi karena beberapa faktor lain.

Faktor apa saja sih penyebab munculnya jerawat di punggung?

Kelenjar sebasea

Kelenjar sebasea adalah kelenjar miskropis yang terdapat di seluruh bagian tubuh yang tertutupoleh rambut. Salah satu kinerja kelenjar ini adalah mengeluarkan substansi berminyak yang biasa kita kenal dengan sebum. Meskipun sebum sebenarnya berfungsi untuk melumasi dan membuat tubuh manusia menjadi tahan air, namun produksi sebum yang berlebihan di area punggung justru menyebabkan folikel rambut tersumbat. Hal inilah yang memicu jerawat pada punggung.

Keringat

Kamu perlu mengetahui kelenjar keringat terdiri dari dua jenis, yaitu kelenjar ekrin (eccrine gland) dan kelenjar apokrin (apocrine gland). Dari dua jenis tadi, kelenjar ekrin lah yang dicurigai sebagai penyebab utama munculnya di jerawat punggung. Karena sebagian besar keringat yang kamu keluarkan merupakan produksi utama kelenjar ekrin. Ketika tubuh kamu memproduksi banyak keringat, kulit akan tersa lengket. Hasilnya, bakteri akan lebih mudah menempel pada pori-pori kulit dan memicu penyumbatan.

Memakai pelembut dan pewangi pakaian

Ternyata, beberapa kebiasaan sehari-hari juga turut menyebabkan timbulnya jerawat punggung. Kebiasaanyang dimaksud, salah satunya penggunaan produk pelembut dan pewangi. Jelasnya, beberapa orang akan menunjukkan gejala alergi ketika kulit terpapar oleh bahan kimi yang terkandung dalam produk pelembut dan pewangi pakaian. Reaksi inilah yang dapat memicu tumbulnya iritasi pada kulit dan membuat kulit kamu lebih rentan terkena infeksi bakteri.

Pakaian

Penyebab munculnya jerawat pada punggung kamu adalah penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak bisa menyerap keringat. Hasilnya, keringat yang terjebak dalam kulit akan bercampur dengan bakteri dan sel-sel kulit mati. Lalu menyumbat pori-pori dan menimbulkan iritasi pada kulit.

Penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga bisa membuat pori-pori kulit tidak bisa bernapas sehingga membuat produksi minyak dan keringat menjadi berlebihan. Akhirnya, tidak hanya pori-pori kamu saja yang tersumbat, namun gesekan dari pakaian juga bisa menyebabkan peradangan dan membuat kondisi jerawat lebih parah.

Sebelum jerawat di punggung menjadi makin parah, kamu bisa cegah jerawat di punggung dengan beberapa cara berikut ini:

Membersihkan seluruh badan dengan sabun anti bakteri minimal 2 kali sehari. Langkah ini dianggap ampuh dalam membunuh bakteri dan kuman yang ada di permukaan kulit. Karenanya, pastikan kamu membersihkan area tubuh dan jangan sampai ada area yagn terlewat.

Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak panas dan menyerap keringat, seperti katun. Sealin itu, hindari kebiasaan menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Tidak memakai pakaian yang sama secara berulang kali tanpa mencucinya terlebih dahulu. Karena keringat dan sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan dan tertinggal pada pakaian yang dipakai berulang-ulang dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri

Melakukan scrub minimal satu minggu sekali. Scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan scrub dari wijaya platinum klinik, untuk mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa dapatkan produk WPC Body Scrub Susu di tokopedia.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top