fbpx
Connect with us

4 Penyebab Menurunnya Produksi Kolagen Dalam Tubuh

Health & Lifestyle

4 Penyebab Menurunnya Produksi Kolagen Dalam Tubuh

Penyebab Menurunnya Produksi Kolagen

Peran kolagen dalam tubuh tentu sangat penting, terutama untuk kulit. Dengan adanya kolagen dalam tubuh, kulit menjadi halus, kenyal, bebas keriput, dan tampak awet muda. Kolagen sendiri merupakan salah satu jenis protein yang terdapat di dalam tubuh manusia. Pada kulit, kolagen berperan penting dalam proses regenerasi kulit serta menjaga kulit agar  tetap elastis dan terhidrasi dengan baik.  Sayangnya, seiring bertambahnya usia seseorang, produksi kolagen akan mengalami penurunan. Tanpa melakukan perawatan memadai, kulit akan rentan mengalami masalah, termasuk penuaan dini. Berikut ini, beberapa penyebab menurunnya produksi kolagen dalam tubuh.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar UV yang berlebihan menjadi penyebab utama penuaan pada kulit kamu. Hal ini karena efek paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat memecah kolagen dan merusak serat elastin yang terletak di lapisan kulit paling dalam atau dermis. Karena pada dasarnya, kulit akan menyerap radikal bebas, molekul yang tidak stabil dan tidak bermuatan yang menyerang sel sehat dan mengais elektron, sehingga menyebabkan sel kulit kamu yang sehat menjadi tidak stabil, bermutasi, dan mati. Akibatnya, kulit akan terlihat keriput dan kendur. Selalu gunakan tabir surya saat kamu keluar rumah, untuk mencegah kerusakan pada kulit kamu.

Makanan Tinggi Gula

Makanan dengan kadar gula yang tinggi, mampu menghambat kemampuan kolagen dalam memperbaiki dirinya sendiri. Selain itu, makanan dengan kadar gula yang tinggi berpotensi memicu inflamasi dan kerusakan kolagen. Kandungan glukosa pada gula mampu merusak kolagen yang ada di bawah lapisan kulit. Jika kolagen kamu rusak, kulit akan terlihat keriput, kering dan terjadi penuaan dini. Tak hanya membuat kolagen hilang, kandungan glukosa berlebih pada tubuh juga bisa membuat kolagen menjadi kaku, sehingga kulit kehilangan elastisitasnya.

Ekspresi Wajah

Selain paparan sinar matahari dan makanan tinggi gula, ekspresi wajah menjadi salah satu penyebab menurunnya produksi kolagen. Ekspresi dan gerakan wajah yang berlebihan, ternyata bisa menyebabkan kerutan dan garis halus, lho! Selain itu, kontraksi otot dari ekspresi wajah yang dilakukan secara berulang bisa meningkatkan faktor resiko penuaan dini, seperti keriput atau kerutan di wajah.

Kurang Tidur

Kualitas tidur yang buruk bisa mempercepat terjadinya penuaan dini.  Hal ini diduga terjadi karena kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang yang membuat rusak protein dalam kulit, sehingga juga merusak kolagen pada kulit kamu. Jaga pola tidur kamu dan lakukan skincare rutin sebelum tidur agar terhindar dari penuaan dini.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top