fbpx
Connect with us

Pahami Perbedaan SPF dan PA Dalam Sunscreen

Health & Lifestyle

Pahami Perbedaan SPF dan PA Dalam Sunscreen

Perbedaan SPF dan PA

Seringkali kita mendapatkan kode SPF dan PA dalam kemasana sunscreen. Seperti yang kamu tahu bahwa SPF dan PA dipercaya mampu menangkal sinar ultraviolet (UVA & UVB) yang mana berpotensi memicu kanker kulit. Walupun sama-sama dapat melindungi kulit, SPF dan PA memiliki perbedaan. Apa saja sih, perbedaan SPF dan PA dalam sunscreen? Petama-tama, SPF merupakan singkatan dari “sun protection factor (faktor pelindung matahari)”, dan mengukur seberapa efektif sebuah sunscreen dalam menghalangi sinar UVB. Banyak model SPF dalam kemasan sunscreen. Salah satunya didasarkan pada waktunya, jika dibutuhkan waktu sepuluh menit paparan sinar matahari langsung untuk kulit yang tidak terlindungi akan menjadi merah. Menggunakan SPF 15, akan memberikan kamu perlindungan matahari selama 2.5 jam.

Rumus yang bisa disimpulkan adalah SPF 15 X 10 menit = 150 menit. Kebanyakan orang akan mengalami kulit terbakar matahari, dalam waktu lima hingga sepuluh menit. SPF 15 akan menyaring 93% dan paparan sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97%, sementara SPF 50 menghalangi sinar UVB bagi kulit.  Seperti yang sudah dijelaskan, meskipun jarak dalam faktor perlindungan matahari dari angka 15 hingga 50, ada persamaan dalam jumlah perlindungan yang kamu dapatkan.

PA atau Protection Grade of UVA, merupakan pelindung kulit dari sinar UVA. PA sebenarnya rating yang dikembangkan di Jepang untuk menentukan jumlah perlindungan UVA yang ditawarkan oleh sebuah produk, selain dari cara standar SPF mengukur perlindungan UVB. Peneliti jepang mengembangkan sistem PA dengan mengubah sistem rating PPD (persistent pigment darkeing/penggelapan pigmen persisten) yang ada, yang akan mengukur maslaah penuaan kulit karena sinar UVA. PA akan dibagi menjadi beberpaa tingkatan seperti PA + perlindungan UVA rendah, PA++ perlindungan UVA moderat, atau perlindungan PA+++ UVA tinggi.

Jadi kesimpulan dari perbedaan SPF dan PA, yaitu SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang bisa merusak lapisan permukaan kulit, dan menyebabkan resiko terjadinya iritasi dan terbakar. Sedangkan PA berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit kita.

Kamu bisa mencari produk sunscreen dengan SPF dan PA yang baik dan sesuai dengan jenis kulit kamu. Kunjungi marketplace atau cabang WPC terdekat, untuk mendapatkan sunscreen WPC yang kamu inginkan.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top