fbpx
Connect with us

Punya Kulit Sensitif? Begini Cara Merawatnya

Tips & Trik (Treatment)

Punya Kulit Sensitif? Begini Cara Merawatnya

merawat kulit sensitif

Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda mulai dari wajah yang kering, berminyak, sampai yang sensitif. Berbeda jenis kulit berbeda pula cara merawatnya, terlebih untuk merawat kulit sensitif. Jenis kulit sensitif lebih sulit untuk ditentukan, karena tidak ada acuan yang mutlak digunakan oleh dokter kulit untuk menentukan kulit sensitif.

Jenis kulit sensitif, juga memerlukan tenaga ekstra untuk merawatnya. Kesalahan dalam menggunakan produk wajah, juga dapat berakibat fatal pada kulit. Orang yang memiliki masalah kulit ini, biasanya memiliki beberapa keluhan pada kulit seperti, gatal, kering, ruam, beruntusan, hingga rasa terbakar, dan perih pada kulit.

Kulit sensitif disebabkan oleh ujung syaraf yang terdapat pada lapisan atas kulit lebih rentan terhadap timbulnya iritasi. Hal ini, disebabkan karna fungsi penghalang alami kulit melemah atau rusak karena sebuah atau beberapa pemicu, seperti debu polisi, paparan sinar matahari, kondisi air, perubahan suhu, siklus menstruasi, kurang tidur, hingga stress. Selain itu, kondisi ini juga biasanya bersifat genetik. Dalam merawat kulit sensitif, harus lebih selektif dalam meilih produk skincare yang menyesuaikan dengan kondisi kulit.

Agar kulit sensitif tetap terjaga dan sehat, baiknya memberikan perawatan yang ekstra.

Bersihkan kulit kamu dengan micellar water. Memiliki jenis kulit wajah yang sensitif, ada baiknya menjauhi pembersih yang mengandung terlalu banyak busa. Pilihlah produk pembersih yang lembut untuk wajah dan mudah untuk dibilas.

Jangan lewatkan pelembab. Pelembap wajah, dapat membantu mengurangi resiko iritasi dan memperkuat fungsi penghalang kulit. Hati-hati juga dalam meilih pelembap, hindari pelembap dengan kandungan zat kimia yang terlalu berat untuk wajah kamu. Meskipun kita mungkin tidak yakin untuk memakai produk berlapis dengan kulit sensitif, ada baiknya jangan melewatkan pelembap ya! 

Menjauhi bahan iritatif. Karena kulit yang sensitif mudah mengalami reaksi, pemilik kulit wajah sensitif baiknya menhindari produk yang mengandung bahan iritatif, seperti antibakteri, sulfur, deterjen, alkohol dan retinoid.

Gunakan masker wajah. Dalam merawat kulit sensitif, tambahkan masker wajah yang menenangkan ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Masker yang tepat bisa membantu menenangkan kulit sensitif, kitika sedang mengalami iritsai, atau alergi, seperti galatal, kemerahan, atau radang.

Hindari paparan sinar matahari. Jika kamu terpaksa beraktivitas atau bekerja dibawah sianr matahari, batasi waktu paparan di bawah sinar matahari tersebut. Kamu bisa juga menggunakan sunscreen jika sering melakukan aktivitas diluar rumah, untuk kulit sensitif gunakan SPF 30 atau lebih. Pilih sunscreen dengan bahan alami dan tidak terlalu banyak kandungan kimia di dalamnya.

Hindari mandi dengan air hangat. Mandi menggunakan air hangat kurang baik untuk kulit terutama kulit kering yang sensitif. Gunakan air bersihu normal untuk mandi dan membersihkan kulit kamu.

Evaluasi setiap produk yang digunakan. Selalu cari tahu penyebab iritasi yang terjadi pada kulit kamu. Kamu harus mengenal reaksi pemicu, yang mugkin terjadi dari produk yang kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa memilih produk yang lebih sesuai dengan kondisi kulit kamu yang sensitif.

Konsultasi ke Klinik Kecantikan. Tidak ada salahnya kamu melakukan konsultasi ke klinik kecantikan yang terpercaya. Salah satunya, melakukan konsultasi ke Wijaya Paltinum Clinic. Kamu bisa melakukan konsultasi online, tanpa harus pergi keluar rumah. Dokter akan menyarankan kamu menggunakan produk untuk merawat kulit kamu yang sensitif. Dengan membeli produk yang sudah direkomendasikan oleh dokter yang ahli dibidangnya. Kamu bisa membeli produk melalui marketplace seperti tokopedia, ada pilihan produk yang bisa kamu beli di sini sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu.

Merawat kulit sensitif memang tidak mudah. Maka dari itu, kulit yang sensitif membutuhkan perawatan yang ekstra. Jadi mulailah, untuk lebih selektif dalam merawat kulit wajah kamu dan selalu memeriksa produk yang akan digunakan pada kulit wajah, dan memerhatikan cara penggunaan beserta efek samping yang mungkin terjadi.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top