fbpx
Connect with us

Manfaat Penting Kandungan Salicylic Acid Pada Skincare

Tips & Trik (Treatment)

Manfaat Penting Kandungan Salicylic Acid Pada Skincare

Kandugan Salicylic Acid

Seringkali kamu mendengar kandungan salicylic acid atau asam salisilat pada produk skincare. Kandungan ini biasa ada pada produk skincare exfoliasi wajah. Salicylic acid atau asam salisilat adalah golongan asam beta hidroksi (BHA) yang bisa mengurangi jerawat di wajah dengan cara mengelupas kulit dan menjaga pori-pori tetap bersih. Kandungan salicylic acid berasal dari kulit pohon Willow, sehingga lebih larut dalam minyak dan dapat menembus pori-pori kulit lebih dalam. Selain itu, salicylic acid mengandung bahan anti-inflamasi yang memberi efek antibakteri yang dapat mengobati jerawat. Sebenarnya, ada banyak manfaat kandungan salicylic acid pada skincare yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

Mengeksfoliasi sel-sel kulit mati.

Kulit tubuh yang tidak terawat, bisa menimbulkan beberapa masalah pada kulit seperti kusam, jerawat, kulit kering, dan lainnya. Untuk itu, eksfoliasi harus dilakukan agar kulit selalu bersih. Melakukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin 2-3 kali seminggu dengan produk yang mengandung AHA dan BHA akan membantu kulit wajah lebih halus dan cerah. Gunakan produk eksfoliasi kulit wajah, seperti exfoliating toner, exfoliating serum, dan di face wash.

Mengangkat minyak berlebih

Karena sifatnya yang dapat larut dalam minyak, maka salicilic acid mampu menembus lapisan minyak yang memenuhi pori-pori dan masuk sampai ke dalam untuk mengeksfoliasi dan membersihkan minyak, kotoran, partikel polusi, dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ini yang membuat salycylic acid banyak digunakan pada produk khusus kulit wajah berminyak dan cenderung berjerawat.

Melawan Jerawat dan Komedo

Jika kamu mencari produk yang tepat untuk mengurangi jerawat, kamu bisa menggunakan skincare yang memiliki kandungan salycylic acid. Salicylic acid adalah bahan yang efektif untuk mengurangi timbulnya jerawat karena kemampuannya yang  bisa memecah ikatan antar sel di lapisan luar kulit. Kemampuan salicylic acid untuk menghilangkan jerawat ini juga dipengaruhi oleh fungsinya yang dapat mengurangi sebum dan mempercepat proses regenerasi kulit.

Menyembuhkan Peradangan dan Luka

Sifat anti-inflamasinya pada salicylic acid yang membuatnya mampu mengatasi peradangan pada kulit. Karena salicylic acid merupakan turunan dari aspirin yang berfungsi mengurangi peradangan dan mebuka pori-pori yang tersubat. Untuk itu, salicylic acid sangat baik untuk mengatasi jerawat yang meradang.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top