fbpx
Connect with us

Kenali Manfaat Dan Pentingnya Eksfoliasi Wajah

Tips & Trik (Treatment)

Kenali Manfaat Dan Pentingnya Eksfoliasi Wajah

Pentingnya Eksfoliasi

Memiliki kulit wajah yang sehat menjadi impian banyak orang. Banyaknya, permasalahan sel kulit mati yang  menumpuk, membuat kulit menjadi kusam hingga berjerawat dan jauh dari kata sehat. Pada dasarnya, kulit kita secara alami akan mengumpulkan sel kulit mati setiap harinya. Penumpukan sel-sel kulit mati ini, bahkan bisa menjadi penyebab kulit yang rapuh dan membuat makeup yang digunakan menjadi kurang tampil dengan baik.

Untuk itu, penting untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah kamu agar terhindar dari masalah kulit. Proses mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit ini, biasa disebut dengan eksfoliasi. Pengelupasan kulit membuat sel-sel kulit alami kamu mengeluarkan dorongan dan mendorong regenerasi sel, yang menghasilkan warna kulit lebih cerah dan lebih merata, serta tekstur yang lebih halus.

Kamu harus tahu pentingnya eksfoliasi agar terhindar dari masalah kulit dari sel kulit mati yang menumpuk. Membersihkan sel kulit yang berlebih, juga membantu pelembab dan produk skincare lain yang kamu gunakan menyerap lebih mudah. Tindakan pengelupasan atau peremajaan kulit, juga membantu kamu merangsang produksi kolagen (menjaga kulit tetap kencang), memperbaiki sirkulasi, ddan mengurangi garis halus serta kerutan pada wajah. Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, eksfoliasi akan membantu kamu mengangkat sel kulit mati yang biasanya terperangkap di pori-pori.

Produk-produk eksfoliator sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu mekanis dan kimiawi. Penglupasan kulit mekanis bisa menggunakan produk seperti lulur, scrub, atau bulu sikat. Pengelupasan kulit mekanis ini baik bagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi normal, namun tetap hati-hati jika kamu memiliki jerawat aktif atau kulit kering dan sensitif. Kelemahan pengelupasan kulit mekanis ini, dapat mengiritasi kulit kamu, menghasilkan lebih banyak minyak, dan bisa menyebabkan lebih banyak jerawat. Jika kamu sedang memiliki jerawat aktif seperti whitehads, sebaiknya hindari proses eksfoliasi mekanis ini.

Sementara itu, pengelupasan kimiawi menggunakan asam atau enzim untuk mengangkat sel kulit mati. Asam dan enzim akan memecah dan melarutkan lipid yang bertindak seperti lem dan menahan sel-sel kulit mati bersama-sama. Beberapa asam bahkan dapat  bekerja jauh ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sebum, karena sel-sel kulit mati tidak hanya ada di permukaan tetapi juga menetap jauh di dalam pori-pori.

Asam pada eksfoliator kimia ini dikategorikan sebagai alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA). Beberapa AHA umum termasuk asam glikolat dan laktat, keduanya dapat ditemukan dalam produk perawatan kulit dalam konsentrasi dari 5 hingga 15 persen. Sekarang kamu sudah atahu pentingnya eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Kamu bisa dapatkan produk-produk eksfoliator di Wijaya Platinum Clinic, klik di sini.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top