fbpx
Connect with us

Kulit Kasar dan Kemerahan? Hal Berikut Mungkin Alasannya

Health & Lifestyle

Kulit Kasar dan Kemerahan? Hal Berikut Mungkin Alasannya

Kulit Kasar dan Kemerahan

Kamu memiliki masalah kulit kasar dan kemerahan? Ada banyak penyebab yang mungkin terjadi pada kulit kamu. Umumnya hal ini terjadi karena faktor genetiks kulit seseorang yang sensitif atau penggunaan krim perawatan. Selama menggunakan krim perawatan wajah, seringkali wajah menjadi begitu kering, mengelupas, kemerahan dan perih. Biasanya, terjadi karena mekanisme obat yang digunakan. Misalnya accutane, obat jerawat oral, digunakan untuk menyetop produksi kelenjar minyak, yang dituduh sebagai penyebab utama jerawat. Sebagai hasilnya, minyak yang dihasilkan untuk menjaga kelembaban kulit berkurang hingga menghilang. Selain karena faktor genetik dan penggunaan krim perawatan, kira-kira apa penyebab kulit kasar dan kemerahan ya?

Memiliki kulit sensitif

Kulit sensitif disebabkan karena ujung syaraf yang terdapat pada lapisan atas kulit lebih rentan terhadap timbulnya iritasi. Hal ini, terjadi karna fungsi penghalang alami kulit melemah atau rusak karena sebuah atau beberapa pemicu, seperti debu polisi, paparan sinar matahari, kondisi air, perubahan suhu. Jenis kulit sensitif, juga memerlukan tenaga ekstra untuk merawatnya. Untuk itu, kadang merawat kulit yang sensitif lebih sulit dibandingkan merawat kulit normal.

Kulit yang dehidrasi

Berbeda dengan kulit kering dan sensitif, kulit dehidrasi trjadi karena kekurangan cairan sehingga lapisan epidermis tidak memiliki cairan yang cukup, dan kelembapan kulit berkurang dan produksi minyak alami kulit menurun. Kamu harus tahu, bahwa setiap jenis kulit bisa saja mengalami kulit dehidrasi. Untuk itu, jaga asupan cairan dalam tubuh kamu dengan baik ya.

Memiliki skin tone terang

MemilKulit yang terlihat kasar dan kemerahan bisa juga terjadi karena kamu memiliki skin tone yang lebih terang. Karena warna kulit terang cenderung lebih sensitif pada paparan sinar matahari, sehingga kulit mudah memerah.

Over-exfoliation

Eksfoliasi sendiri, merupakan proses mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit kamu. Namun, sayangnya banyak diantara kita yang salah saat melakukan eksfoliasi dan berlebihan dalam melakukannya, sehingga kulit mengalami kemerahan. Selain kulit memerah, over-exfoliation juga akan ditandai dengan kulit yang terasa perih, kencang, dan panas. 

Memiliki riwayat penyakit tertentu

Kadang riyawat penyakit tertentu berpengaruh pada kesehatan kulit juga, lho! Penyakit seperti dermatitis atopik, eksim, psoriasis, penyakit ginjal, iktiosis, dan kelainan tiroid kadang memilki pengaruh terhadapa kulit yang membuatnya menjadi kemerahan dan kasar.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top