fbpx
Connect with us

Waspada! Ketahui Penyebab Kulit Dehidrasi

Health & Lifestyle

Waspada! Ketahui Penyebab Kulit Dehidrasi

Penyebab Kulit Dehidrasi

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan kulit yang sehat dan segar? Namun, sayangnya diantara kita masih banyak yang mengalami masalah kulit kering dan kusam. Bisa jadi, hal ini disebabkan karna kulit dehidrasi yang kamu alami. Apa sih sebenarnya penyebab kulit dehidrasi? Dehidrasi sendiri, merupakan kondis tubuh yang bisa dialami oleh siapa saja dan tipe jenis kulit apapun. Kebiasaan buruk, seperti kurang minum air putih atau kondisi tertentu, seperti diare, muntah, banyak berkeringat, dan terlalu sering buang air kecil juga bisa membuat kulit mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, berbagai jaringan dan organ tubuh akan kekurangan cairan, termasuk kulit.  

Keadaan ini akan membuat kamu merasakan keluhan tertentu, seperti kulit terasa kering, gatal, dan terlihat kusam. Secara kasat mata, mungkin kulit dehidrasi tidak terlalu terlihat, akan tetapi kurangnya kelembaban ini akan membuat kulit wajah dan tubuh kamu terasa tidak nyaman, terutama sesudah mandi. Walaupun sekilas mirip dengan kondisi kulit kering, kulit yang dehidrasi sebenarnya adalah kondisi kulit yang berbeda. Saat seseorang mengalami dehidrasi kulit, keindahan dari bagian terluar tubuh tersebut mungkin juga akan terpengaruh.

Meski tak terlihat, kulit dehidrasi akan memiliki ciri diantaranya, seperti kulit kusam, kulit lebih sensitif, berminyak tapi terasa kering, kulit terasa gatal atau bersisik. Dehidrasi pada kulit umumnya terjadi pada saat cuaca sedang panas dan kering, yang membuat cairan tubuh akan berkurang. Seseorang yang mengalami dehidrasi kulit disebabkan kekurangan air, sedangkan kulit kering karena kekurangan minyak pada kulit. Berikut ini, beberapa penyebab kulit dehidrasi lainya yang harus kamu ketahui.

Kekurangan Minum Air Putih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain memberikan dampak yang buruk untuk tubuh kekurangan air putih juga bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Dehidrasi pada kulit merupakan kondisi saat keadaan kulit kurang kandungan kadar airnya, sehingga dapat memengaruhi kondisi tekstur kulit. 

Konsumsi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol memang hal yang harus dihindari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Kedunaya, akan membuat seluruh tubuh mengalami dehidrasi, termasuk pada kulit yang menambah peluang kerusakan sel.

Stres

Mengalami stres berlebihan dan tidak dapat dikendalikan dapat memengaruhi kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan kulit. Saat tubuh sedang stres, produksi hormon kortisol secara berlebihan akan terjadi. Hormon kortisol yang terganggu ini akan berpengaruh pada kondisi kulit yang membuatnya dehidrasi.

Kurang Tidur

Kurang tidur pada malam hari juga bisa membuat kulitmu dehidrasi. Saat kamu kurang tidur, jumlah vasopresin yang dilepaskan akan lebih sedikit dan itu menyebabkan dehidrasi. Selain itu, proses regenerasi kulit akan terhambat. Sehingga, menyebabkan menumpuknya sel kulit mati yang membuat kulit jadi terlihat kusam.

Kamu dapat mencegah kondisi dehidrasi kulit dengan minum elektrolit secara rutin kapan saja, termasuk sebelum tidur agar kulit tetap terjaga kelembapannya dari dalam. Hal ini dikarenakan cairan elektrolit mampu menggantikan komponen natrium, kalium, dan magnesium tubuh yang hilang melalui keringat. Penting juga, untuk menjaga kulit agar terhindar dari dehidrasi dengan banyak minum elektrolit akan membantu menjaga kelembapan kulit alami. Sekaligus, memelihara kulit tetap sehat walaupun kamu sibuk beraktivitas.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top