fbpx
Connect with us

Penting! Kesalahan Membersihkan Wajah yang Sering Disepelekan

Tips & Trik (Treatment)

Penting! Kesalahan Membersihkan Wajah yang Sering Disepelekan

keselahan membersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan rutinitas yang penting agar wajah kita terhindar dari masalah-masalah yang bisa mengganggu kita. Membersihkan wajah juga merupakan rutinitas wajib agar wajah lebih sehat. Cara kamu membersihkan wajah juga menjadi penting untuk diperhatikan. Membersihkan wajah hanya dengan menggunakan air saja, tidak cukup membuat wajah kamu bersih. Maka dari itu, kamu harus lebih memperhatikan apakah kegitan membersihkan wajah kamu selama ini sudah benar? Selain itu, membersihkan wajah dengan benar akan membantu rangkaian skincare bekerja lebih maksimal. Lalu, kesalahan membersihkan wajah apa saja yang sering disepelekan?

Pembersih Wajah yang Tidak Sesuai

Setipa orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan memilki cara yang beberda juga dalam merawatnya. Saat membersihkan wajah menggunakan sabun wajah, terkadang banyak diantara kita yang hanya membersihkan wajah menggunakan sabun wajah apa saja. Padahal, penting untuk mengetahui sabun wajah apa yang cocok untuk kulit wajah kita. Jika kulit kamu tipe berminyak dan kombinasi, coba untuk menggunakan sabun wajah berbentuk gel. Bahan seperti salycilic acid juga sangat cocok untuk tipe jenis kulit kamu. Sedangkan, untuk pemilik kulit kering hindarkan sabun cuci muka yang berbusa. Gunakan yang berbahan krim, susu, atau minyak. Kamu harus ingat apa pun sabun yang kamu pilih, dapat membuat wajah bersih tanpa membuat kulit kamu terasa tertarik setelah mencuci muka.

Menggunakan Handuk Badan

Setelah memebersihkan wajah kamu, penting untuk mengeringkan wajah setelahnya. Namun, ada kesalahan yang sering terjadi saat mengeringkan wajah. Mengeringkan wajah menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan badan adalah kesalahan yang sering disepelekan banyak orang. Handuk yang memiliki permukaan kasar, dapat merusak kulit wajah kamu dan bisa membuat iritasi. Belum lagi bakteri yang ada pada badan kamu dapat berpindah ke wajah. Gunakan tisu untuk membersihkan wajah kamu dengan baik. Jika kamu ingin menggunakan handuk, pakailah handuk khusus wajah kamu saja dan ganti setiap 2 hari sekali.

Suhu Air yang Terlalu Hangat

Setiap hari, kulit akan terpapar oleh bakteri, kotoran, dan keringat. Jika tidak kamu bersihkan dengan benar kulit bisa mengalami berbagai masalah. Mulai dari penyumbatan pori-pori, iritasi pada kulit, penuaan, hingga jerawat. Cuci muka menggunakan air hangat memang punya manfaat untuk mensirkulasi peredaran darah. Namun, kebiasaan ini juga bisa berdampak buruk pada kulit kamu. Menggunakan air hangat, bisa membuat kulit cepat kering, dehidrasi, dan berujung pada iritasi kulit.

Mencuci Wajah Sebelum Keramas

Mencuci muka sebelum keramas merupakan kesalahan membersihkan wajah yang sering terjadi. Mencuci muka sebelum keramas ini hanya akan membuat kinerja sabun wajah kamu sia-sia. Pasalnya, ada residu dari produk-produk perawatan rambut yang tersisa menempel di wajah kamu. Hal ini dapat menyumbat pori-pori wajah kamu dan menimbulkan munculnya jerawat.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka memang hal yang wajib dilakukan. Namun, kamu tidak boleh terlalu sering juga melakukan hal tersebut. Ada bahaya terlalu sering mencuci muka yang harus kamu ketahui. Mulai dari wajah terlalu kering, iritasi, muncul kerutan, atau bahakan bisa menyebabkan wajah beruntusan. Baiknya membersihkan muka seperti sewajarnya saja, bersihkan wajah kamu 2 sampai 3 kali sehari saja. Mencuci muka akan membuat terkikisnya lapisan pelindung alami kulit kamu dan menyebabkan bakteri lebih muda masuk.  

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top