fbpx
Connect with us

Keriput Dan Garis Halus di Usia Remaja? Ketahui Penyebabnya

Tips & Trik (Treatment)

Keriput Dan Garis Halus di Usia Remaja? Ketahui Penyebabnya

Keriput dan Garis Halus

Setiap orang seiring berjalannya waktu pasti akan muncul keriput dan kerutan pada wajah. Keriput menjadi perjalanan yang akan dialami oleh setiap orang. Kerutan dan keriput merupakan masalah yang identik dengan orang yang memiliki usia lanjut. Namun, kamu perlu waspada jika keriput muncul terlalu cepat di usia yang muda. Munculnya kerutan di usia muda merupakan tanda penuaan dini yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Banyak faktor yang membuat wajah keriput dan garis halus muncul di usia muda, mulai dari faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, hingga pola hidup yang buruk.  Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan keriput dan garis halus muncul di usia remaja.

Paparan Sinar Matahari

Menurut sebuah penelitian, sekitar 80% penyebab penuaan dini pada kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Sering terpapar sinar matahari dapat merusak struktur pendukung pada kulit kamu. Terlebih kulit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dari sunscreen. Sinar UV pada matahari, dapat secara langsung menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit. Hal ini, akan menyebabkan munculnya kerutan pada kulit di usia remaja. Saat memasuki usia remaja, penting untuk mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen dan lindungi kulit dengan pakaian tertutup, topi, atau payung, ketika beraktivitas di luar rumah.

Polusi Udara

Polusi udara memang menjadi konsumsi sehari-hari bagi kita yang tinggal di kota-kota besar. Salah satu efek polusi udara bagi kulit kamu adalah rusaknya kolagen. Senyawa kimia yang berasal dari polusi udara dapat merusak struktur kolagen kulit dan menghambat produksinya. Kolagen sendiri, berperan penting dalam menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit kita. Kulit yang terlalu sering terpapar oleh polusi, akan cenderung mudah mengalami masalah kusam, keriput, dan penuaan dini.

Posisi Tidur

Tidur yang cukup merupakan kunci penting untuk memiliki kulit yang sehat. Mendapatkan tidur malam yang cukup ternyata membuat kulit kamu tampak awet muda, dan ini kebiasaan yang baik dilakukan sejak dini. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan meningkatkan aliran darah ke kulit saat tidur, yang artinya dapat membuat kulit kamu lebih sehat dan bercahaya. Saat tidur, kamu juga perlu memerhatikan posisi tidur kamu. Tekanan pada wajah akibat posisi tidur yang kurang tepat, dapat memicu munculnya keriput pada kulit.  Posisi tidur yang miring membuat wajah jadi bersentuhan dengan sarung bantal. Dampaknya, bisa timbul garis di bagian dagu, dahi, pipi ataupun kening kamu.

Lupa Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Lupa menghapus makeup sebelum tidur merupakan hal yang cukup fatal dilakukan. Pasalnya, lupa menghapus makeup dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti pori-proi tersumbat, komedo, jerawat, keriput, hingga penuaan dini. Makeup yang terperangkap di wajah akan meningkatkan paparan terhadap radikal bebas dan memecah kolagen yang berperan penting untuk mengencangkan kulit.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top