fbpx
Connect with us

Ini Kebiasaan Mandi Bikin Jerawat yang Jarang Kamu Sadari

Health & Lifestyle

Ini Kebiasaan Mandi Bikin Jerawat yang Jarang Kamu Sadari

Kebiasaan Mandi Bikin Jerawat

Seringkali kamu menganggap mandi hanyalah aktivitas membersihkan tubuh, tanpa memperhatikan beberapa hal lainnya. Idealnya, mandi bertujuan agar wajah dan tubuh menjadi bersih. Namun, terkadang tanpa sadar mandi malah membuat wajah menjadi berjerawat jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Kurangnya kesadaran untuk membersihkan wajah atau kesalahan penggunaan produk yang tidak cocok, akan membuat jerawat pada wajah makin parah. Untuk lebih jelasnya, ini dia kebiasaan mandi bikin jerawat yang sering tidak kita sadari.

Suhu Air Terlalu Panas atau Dingin

Mandi menggunakan air panas memang mebuat kita terasa lebih nyaman, terlebih jika saat cuaca sedang sangat dingin. Tapi air yang terlalu panas, bisa membuat masalah pada kulit kamu. Air yang terlalu panas dapat mengguras minyak alami pada kulit kamu. Hali ini bisa membuat wajah muncul jerawat dan resiko mengalami kulit kering akan makin besar. Penggunaan air yang terlalu panas akan membuka pori-pori yang membuat kulit rentan mengalami iritasi. Berbeda dengan menggunakan air yang terlalu dingin, akan membilas kadar minyak pada kulit sehingga wajah kehilangan kelembapan alami. Hal ini, akan membuat kulit kamu menjadi kering dan mudah berjerawat.

Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

Masih banyak yang menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah, terutama pada laki-laki yang terkadang malas menggunakan sabun wajah. Padahal, penggunaan sabun mandi untuk wajah tidak diperbolehkan. Karena sabun mandi menggunakan surfaktan yang lebih tinggi untuk menghilangkan sebum (minyak) dan kotoran yang menempel pada tubuh. Surfaktan yang terlalu tinggi akan merusak penghalang pelembap alami pada kulit yang membuat kulit menjadi kering. Efek samping lainnya,  sabun mandi bisa mengganggu Ph kulit pada wajah. Kamu bisa menggunakan cleansing foam dari wijaya platinum skincare, untuk membersihkan wajah kamu. Salah satunya IVY Radiance Cleansing Foam, cleansing foam ini cocok untuk semua jenis kulit dan kulit yang sensitif. Kamu bisa dapatkan produk ini di marketplace atau di klinik-klinik WPC yang tersedia di kota kamu. Klik di sini, untuk belanja sekarang! Hindari penggunaan sabun mandi untuk membersihkan wajah kamu ya!

Menyentuh Wajah Terlalu Kasar

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang lainnya adalah terlalu kasar menyentuh wajah. Membersihkan wajah terlalu kasar justru akan membuat kulit kamu mudah mengalami iritasi. Permukaan kulit akan terkikis dan kehilangan kelembutannya jika kamu mencuci muka kamu dengan menyentuhnya secara kasar. Sentuh dengan lembut dan pijit secara perlahan saat mencuci muka agar wajah tidak mengalami iritasi dan penggunaan sabun cuci wajah dapat bekerja dengan maksimal.

Tidak Menggunakan Pelembap Setelah Mandi

Untuk menjaga kelembapan kulit dan mengembalikan Ph agar lebih normal, kamu bisa menggunakan toner untuk membantu menetralisir papran basa pada kulit wajah sehingga kadar pH kembali seimbang. Oleskan juga pelembap dalam bentuk gel, lotion, ataupun krim agar wajah kamu tetap lembap dan terhidrasi setelah mandi. Jika kulit rentan berminyak dan berjerawat, kamu bisa menggunakan pelembap noncomedogenic agar tidak rentan menyumbat pori-pori.

Menggunakan Handuk yang Tidak Bersih

Kebiasaan mandi bikin jerawat lainnya adalah menggunakan handuk yang tidak bersih. Memang terdengar spele, tapi menggunakan handuk untuk wajah menyebabkan resiko munculnya jerawat. Handuk yang sehabis kamu gunakan untuk mengeringkan tubuh, akan membuat kuman atau bakteri di tubuh berpindah ke wajah saat kamu gunakan untuk mengeringkan wajah. Terlebih, jika kamu mengeringkan wajah dengan cara menggosokan handuk ke wajah kamu itu akan membuat iritasi. Gunakan kain bersih atau tisu sekali pakai agar kamu terhindar dari masalah kulit yang sudah dijelaskan.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top