fbpx
Connect with us

Waspada Penuaan Dini, Ini Dia Kandungan Skincare yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen

Tips & Trik (Treatment)

Waspada Penuaan Dini, Ini Dia Kandungan Skincare yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen

Meningkatkan Produksi Kolagen

Penuaan yang terjadi pada kulit dikarenakan produksi kolagen yang mulai menurun seiring bertambahnya usia. Untuk meningkatkan produksi kolagen, bisa dilakukan dengan cara menemukan skincare yang tepat. Kolagen sendiri merupakan serat yang kaya akan protein dan terletak di lapisan dermal kulit kita.  Dengan kehadiran kolagen, elastisitas dan kekuatan kulit akan terjaga, serta membuat tampilan kulit menjadi lebih muda dan kenyal. Apa saja sih kandungan skin care yang dapat meningkatkan produksi kolagen?

Retinol

Retinol merupakan kandungan skincare yang sejauh ini paling ampuh melawan penuaan. Retinol sendiri merupakan kandungan turunan dari vitamin A yang mampu melakukan perangsangan terhadap sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru, serta mempercepat produksi kolagen pada kulit kamu. Tidak hanya itu, proses pembaruan sel kulit mati ini akan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus. Selain itu, retinol juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Kandungan retinol sering kali kita jumpai pada produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk anti aging.

Peptide

Peptide merupakan rangkaian asam amino yang membentuk protein yang dibutuhkan oleh kulit kita. Kandungan dasar protein yang diperlukan pada kulit seperti kolagen, elastin, dan keratin. Jika dijelaskan secara sederhana, peptida sebagai kandungan skincare adalah komponen penyusun kolagen dan elastin baru. Penggunaan skincare yang mengandung peptide dapat merangsang produksi kolagen yang membuat kulit lebih kencang dan awet muda. Semakin banyak kolagen, kulit kamu akan terasa lebih kencang dan tampak awet muda. Selain itu, peptide tidak hanya berfungsi dalam pembentuka kolagen, namun juga berguna untuk memproduksi serat elastin yang bekerja menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Alpha hydroxy acids

Alpha hydroxy acids atau yang biasa disebut AHA, dikenal sebagai kandunga eksfoliator karena khasiatnya yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Padahal, manfaat dari kandungan AHA bukan hanya itu saja. Penggunaan AHA secara rutin dalam bentuk serum dan pelembap wajah, mampu meningkatkan produksi kolagen pada  dengan menghancurkan serat kolagen lama dan membuka jalan untuk pembentukan kolagen baru.

Vitamin C

Bukan hanya baik untuk tubuh, vitamin C juga sangat baik untuk kulit. Vitamin C juga dapat berperan dan diperlukan tubuh dalam produksi kolagen. Kandungan anti-oksidan dalam vitamin C dapat meningkatkan sintesis protein kolagen dan juga berperan dalam menstabilkan kolagen mRNA, yaitu protein kolagen yang mampu memperbaiki kulit yang terjadi kerusakan. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melawan efek radikal bebas.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top