fbpx
Connect with us

Kandungan Skincare Atasi Dark Spot yang Bisa Kamu Coba

Tips & Trik (Treatment)

Kandungan Skincare Atasi Dark Spot yang Bisa Kamu Coba

Atasi Dark Spot

Selain jerawat dan komedo, flek hitam atau dark spot menjadi masalah kulit wajah yang sering di hadapi oleh seseorang. Noda hitam yang muncul ke permukaan kulit biasa terjadi karena kita kelebihan melanin. Melanin yang dihasilkan oleh melanosit sebenarnya baik. Senyawa ini menjaga kulit dari efek radikal bebas dari sinar ultraviolet yang merusak. Dark spot bisa disebabkan oleh paparan sinar UV, faktor genetik, faktor usia dan lain-lain. Untuk menghilangkan dark spot, tentu memiliki tantangannya tersendiri, mengingat penyebab dark spot salah satunya adalah faktor genetik. Untuk itu, kamu perlu mengetahui kandungan skincare atasi dark spot yang bisa kamu coba.

Glycolic Acid

Kandunga skincare pertama yang bisa kamu coba untuk atasi dark spot adalah glycolic acid. Glycolic acid atau asam glikolat adalah obat topikal yang digunakan untuk eksfoliasi wajah atau pengelupasan sel-sel kulit mati. Obat ini tergolong dalam jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang terbuat dari tebu. Glycolic acid akan membersihkan lapisan atas kulit dari penumpukan sel-sel kulit mati yang terjadi di wajah. Dengan begitu, flek-flek hitam, pigmentasi kulit, hingga melasma akan menghilang secara perlahan.

Retinol dan Retinoite

Retinol merupakan kandungan turunan dari vitamin A yang mampu melakukan perangsangan terhadap sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru, serta mempercepat produksi kolagen. Tidak hanya itu, retinol dan retinoite juga mampu dalam menghambat produksi tirosinase yang merupakan enzim yang bertanggung jawab atas perkembangan bintik hitam. Dengan kata lain, retinol bekerja semacam exfoliant yang mengelupas sel kulit mati. Sekaligus mempercepat produksi sel kulit baru, menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

Kojic Acid

Kojic acid adalah kandungan asam yang biasanya dibuat dari proses fermentasi jamur atau beras. Menurut banyak penelitian, zat ini mampu menghambat zat tironase yang berperan sebagai enzim pembuat melanin. Hal ini membuat warna kulit menjadi lebih cerah dan membantu memudarkan dark spot di wajah. Namun, kamu harus ingat bahwa penggunaan kojic acid yang terlalu banyak dapat menimbulkan resiko dermatitis alergi.

Vitamin C

Dark spot terjadi karena produksi melamin yang berlebih akibat dari paparan sinar matahari. Untuk menghilangkan masalah tersebut kamu bisa memilih kandungan skincare dengan VitaminC. Vitamin C diketahui telah digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi peradangan kulit. Selain itu, vitaminC juga berguna untuk meminimalkan kemerahan dan membuat warna kulit tampak lebih rata. Vitamin C akan bekerja untuk menghentikan produksi melanin berlebih tersebut sekaligus melawan kandungan sinar UV yang beracun. Karena itu, vitamin C juga dapat mengatasi masalah flek hitam atau hiperpigmantasi pada kulit yang susah dihilangkan.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top