fbpx
Connect with us

Jenis-Jenis Kutil Pada Tubuh yang Harus Diketahui

Health & Lifestyle

Jenis-Jenis Kutil Pada Tubuh yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Kutil

Salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). Virus in jugalah yang menjadi penyebab penyakit mematikan kanker seviks. Kutil atau veruka vulgaris (common warts) disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil bersivat non kanker sehigga tidak membahayakan hidup kamu. Ketika ulit kamu terinfeksi virus HPV, maka produksi keratin dan protein pada permukaan protein akan meningkat melebihi jumlah yang normal. Kelebihan keratin ini akan menumpuk di permukaan kulit kamu, sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Lebih lanjut, kutil sering menyerang area tangan dan kaki ini merupakan penyakit menular. Karenanya, berhati-hatilah jika kamu melakukan kontak langsung dengan penderita kutil, sebab virus HPV akan sangat mudah berpindah dan menginfeksi tubuh. Apalagi jika sistem imunitas sedang menurn. Selain itu, hindari penggunaan handuk secara bersamaan karena juga bisa dapat menyebarkan virus HPV dari penggunaan bersamaan.

Munculnya bintil-bintil kecil pada tubuh juga harus kamu waspadai. Jika terus kamu biarkan, bintil tersebut dapat tumbuh semakin membesar. Kenali jenis-jenis kutil berikut ini.

Kutil biasa; Kutil berbentuk bulat, menonjol, dan bertekstur kasar. Kutil jenis ini akan muncul di sekitar area jari tangan atau kaki.

Kutil datar; Berbentuk seperti cakaran yagn berwarna kecoklatan agak kekuningan atau merah muda. Sering kali, jenis kutil ini tumbuh di sekitara wajah, lengan, atau pada area paha. Kutil jenis ini berukuran sangat kecil sehingga jarang sekali terlihat.

Kutil plantar; Kutil jenis ini berbentuk rata dengan bagina tengah yang berlubang atau berbintik hitam. Kutil jenis ini biasanya ditemukan pada telapak kaki sehingga menimbulkan rasa sakit setiap kali berjalan.

Kutil filiform,  kutil akan berbentuk seperti bintil daging dan bewarna layaknya kutil biasa. Kutil jenis ini biasanya tumbuh di sekitar hidung, mulut, bawha dagu, dan leher.

Kutil periungual; Berbentuk mirip seperti kembang kol. Jika kamu biarkan saja, kutil jenis ini akan menebal di sekitar lempeng kuku jari tangan atau kaki kamu.

Itu dia, beberapa jenis-jenis kutil yang harus kamu ketahui. Orang yang memiliki risiko gangguan HPV di beberapa area tubuh untuk mengalami kutil. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko masalah kulit ini dan mencegah penyebarannya pada orang lain. Ada baiknya, kamu selalu waspada dan konsultasi ke dokter jika kutil terus tumbuh pada tubuh kamu. Segera pergi ke dokter kulit atau klinik kecantikan untuk menangani masalah kutil pada tubuh kamu.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top