fbpx
Connect with us

Jaga Cairan Dalam Tubuh Selama Puasa

Health & Lifestyle

Jaga Cairan Dalam Tubuh Selama Puasa

Jaga Cairan Dalam Tubuh

Selama bulan Ramadhan, bagi kita yang menjalani ibadah puasa dengan tidak makan dan tidak minum selama waktu yang ditentukan. Terkadang kita lupa untuk menjaga cairan dalam tubuh kita selama berpuasa. Padahal, tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Maka dari itu, seseorang yang kekurangan cairan dalam tubuhnya dapat mengalami banyak gangguan. Mulai dari masalah kulit kering, masalah ginjal, hingga tubuh dehidrasi. Minum cairan sangat penting untuk setiap fungsi tubuh. Cairan membantu mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh, membersihkan bakteri dan racun dari kandung kemih, mempertahankan fungsi ginjal yang tepat, dan mencegah sembelit. Untuk itu, kamu harus tahu cara jaga cairan dalam tubuh selama puasa.

Minum 8-12 air selama sahur dan berbuka

Penting untuk minum air sebanyak 8-12 gelas seharinya, begitu pun pada saat puasa. Jumlah ini dianggap memenuhi kebutuhan minimum ginjal untuk melakukan tugasnya dalam mengeluarkan racun di dalam darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Saat cairan pada tubuh tercukupi, maka fungsi organ dalam tubuh kamu akan berjalan dengan normal. Jangan sampai gejala-gejala dari dehidrasi timbul dan mengganggu aktivitas kamu selama berpuasa. Pastikan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih dibandingkan cairan lainnya selama berbuka, untuk jaga cairan dalam tubuh.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran bisa memberikan asupan cairan pada tubuh kamu juga. Baiknya, kamu mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung air, seperti jeruk, tomat, dan semangka. Sayur dan buah mengandung cairan dan nutrisi yang menyehatkan dapat membuat kamu terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Jadi, jangan sampai lupa untuk selalu mengonsumsi buah dan sayuran ya!

Hindari Rokok dan Kafein

Kafein dan rokok dapat membuat tubuh kita menjadi kering dan lebih haus selama berpuasa. Kafein sendiri, dapat meningkatkan produksi urine seseorang.  Merokok, juga dapat memicu mulut menjadi lebih kering. Selama berpuasa, ada baiknya kamu kurangi untuk mengonsumsi kafein dan rokok agar tubuh tetap terjaga kesegarannya.

Konsusmsi Suplemen

Kamu bisa mengonsumsi suplemen mineran atau vitamin yang dapat menjaga tubuh kamu agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, suplemen dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang berkhasiat melepaskan racun dan mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit berbahaya. 

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top