fbpx
Connect with us

Cari Tahu Pengaruh Sinar Matahari Sesuai Tipe Kulit Kamu, Yuk!

Health & Lifestyle

Cari Tahu Pengaruh Sinar Matahari Sesuai Tipe Kulit Kamu, Yuk!

wijayaplatinum-wanita-wajah-alami-tabirsurya

Sinar matahari saat pagi memang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Namun, sinar UV A dan UV B dari matahari siang dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang, seperti flek hitam, kerutan pada wajah, dan lain lain.

Dampak dari sinar matahari pun memberikan reaksi berbeda tergantung tipe dan jenis kulit yang dimiliki. Pengaruh seperti apa yang dimaksud? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Kulit Berwarna Gelap

Kulit berwarna gelap memiliki keuntungan tertentu ketika berada di bawah sinar matahari, nih. Banyak nya kandungan pigmen melanin pada kulit dapat mencegah dan melindungi kulit dari sengatan matahari dan kanker kulit lho.

Walaupun memiliki keuntungan, namun tidak berarti bahwa pemilik kulit gelap tidak perlu menggunakan lotion ber-SPF serta sunscreen loh. Meskipun hanya sedikit, jenis kulit yang lebih gelap tetap mempunyai resiko kanker kulit. Oleh karena itu, sunscreen sangat wajib digunakan!

Selain itu, ladies juga harus lebih waspada, karena kulit yang lebih gelap cenderung lebih cepat memiliki bekas jerawat dan bintik hitam akibat dari kandungan melanin yang terpapar sinar ultraviolet matahari.

Kulit Berwarna Cerah

Kulit yang lebih cerah memang cenderung lebih rentan terhadap kerusakan kulit akibat sinar matahari seperti timbul kemerahan atau iritasi saat terpapar sinar UV.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk pemilik kulit putih untuk tidak berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan menggunakan lotion ber-SPF serta sun screen saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

Pengaruh Sinar Matahari di Berbagai Jenis Kulit

Tipe Kulit Berminyak

tipe kulit berminyak
Tipe Kulit Berminyak /foto: stylecraze com

Kulit berminyak bisa dikatakan lebih tahan terhadap sinar matahari dibandingkan jenis kulit lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan minyak di dalam kulit dapat berfungsi sebagai lapisan perlindungan ekstra terhadap sinar matahari. 

Alasan ini jugalah yang membuat kulit berminyak memiliki kemungkinan  lebih kecil untuk terbakar akibat sinar matahari dibandingkan jenis kulit lainnya.

Namun, tetap jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari sinar matahari ya ladies. Juga, pilihlah sunscreen yang bertekstur ringan agar tidak menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan komedo atau jerawat.

Baca Juga :Jangan Salah Pilih, Ini Dia Sunscreen untuk Kulit Berminyak!

Tipe Kulit Kering

Yuk, tingkatkan lagi kelembapan kulit pada pemilik jenis kulit kering! Pasalnya paparan sinar matahari dapat semakin mengeringkan jenis kulit ini, serta dapat menurunkan kelembapan dan minyak alami yang terkandung di permukaan kulit. 

Salah satu ciri sinar matahari yang terpapar berlebihan pada jenis kulit kering, adalah kulit yang terlihat bersisik dan terasa kencang saat disentuh setelah terkena sinar matahari. Untuk itu, jangan lupa gunakan selalu sunscreen serta moisturizer tambahan sebelum keluar rumah untuk meningkatkan kondisi kelembapan kulit, ya Beautynesian!

Tipe Kulit Sensitif

tipe kulit sensitif
Tipe Kulit Sensitif /foto: skincare.com

Untuk kamu pemilik kulit sensitif mungkin memang harus sedikit berhati-hati. Kulit sensitif dapat bereaksi negatif terhadap paparan sinar matahari. Beberapa diantaranya dapat menimbulkan gatal dan ruam kemerahan di sekitar kulit wajah atau tubuh. 

Tapi, bukan hanya sinar matahari, kulit bertipe sensitif juga cenderung mudah menimbulkan reaksi alergi terhadap beberapa produk tertentu seperti sabun, parfum serta skincare tertentu. Jadi pastikan kamu mengetahui kandungan skincare yang digunakan dan sebisa mungkin hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama, ya!

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top