fbpx
Connect with us

Bisakah Bopeng atau Scars Hilang 100%?

Health & Lifestyle

Bisakah Bopeng atau Scars Hilang 100%?

Bopeng atau Scars

Selain jerawat yang membandel, bekas jerawat seperti bopeng tak kalah menyebalkannya. Bopeng atau yang bisa disebut acne scars. merupakankondisi kulit wajah yang berlubang atau berpori-pori besar disebabkan oleh jerawat. Ini biasanya terjadi akibat luka yang cukup dalam pada kulit wajah atau karena memencet jerawat. Bopeng ini terjadi ketika lapisan kulit bagian dalam mengalami kerusakan, dan sayangnya tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Pasalnya ketika jerawat pecah, kelenjar minyak di dalam lapisan kulit juga ikut pecah dan menimbulkan luka (jaringan parut) akibat penyembuhan luka yang tidak baik yang menarik kulit lapisan atas, sehingga muncul bekas cekung berlubang pada kulit. Penyembuhan luka yang tidak baik ini, bisa menyebabkan bopeng atau flek hitam. Pada dasarnya kemungkinan jerawat menjadi bopeng atau flek hitam ini tidak bisa ditebak.

Seiring banyaknya informasi yang beredar, banyak sekali produk skincare yang bisa memperbaiki bopeng. Padahal, pada nyatanya bopeng atau scars ini memerlukan tindakan untuk mengembalikan jaringan kulit yang normal. Cara yang paling efektif buat mengatasi permasalahan kulit wajah ini adalah dengan melakukan perawatan ke dokter kecantikan profesional. Untuk itu, mencegah jerawat juga perlu kamu lakukan agar bopeng tidak hadir di wajah. Sering menjadi pertanyaan, apakah bopeng atau scars bisa hilang 100%? Sebenarnya, ada banyak perawatan wajah khusus yang bisa bantu kamu menghilangkan bopeng ini. Seperti chemical peeling, micro needling, injeksi, mesotherapy, dan laser.

Namun, kamu perlu proses beberapa kali treatment untuk hasil yang maksimal sesuai dengan respon kulit masing-masing orang. Namun, perawatan ini tidak bisa membuat wajah kembali normal 100%. Tetapi scars dapat naik sekitar 70-80% setelah melakukan perawatan. Waktu pemulihan pasca tindakan bervariasi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tergantung pada respon kulit masing-masing orang. Tetapi umumnya tindakan membutuhkan waktu 3-10 hari agar kulit benar-benar pulih. Setelah perawatan, kamu mungkin dianjurkan untuk menghindari sinar matahari langsung selama 4-6 minggu, gunakan sunscreen untuk melindungi kulit saat keluar rumah. Selain itu, minum obat penghilang rasa sakit bila diperlukan, serta menghindari makeup selama beberapa hari agar wajah tidak iritasi.

Kamu bisa tonton video ini untuk tahu lebih jelas mengenai bopeng atau scars.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top