fbpx
Connect with us

Jangan Keliru, Ini Beda Serum dan Essence

Tips & Trik (Treatment)

Jangan Keliru, Ini Beda Serum dan Essence

Beda Serum dan Essence

Buat kamu yang menggunakan dengan skincare rutin, pastinya sudah tidak asing lagi dengan serum dan eesence. Banyak yang masih menganggap serum dan eesence memiliki funsi yang sama, padahal keduanya jelas berbeda. Serum wajah dan essence memang memiliki fungsi yang hampir sama, keduanya sama-samam bisa menghaluskan, melembapkan, dan meratakan rona kulit wajah. Keduanya juga dibuat dari bahan aktif dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk skincare lainnya. Lalu apa beda serum dan essence?

Baik serum maupun essence sama-sama berbahan dasar air, tapi tekstur essence lebih cair dan ringan dibandingkan serum. Berbeda dengan perawatan kulit lainnya, serum sendiri terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa masuk ke lapisan kulit dalam sehingga zat aktif yang ada di dalamnya bisa langsung menyerang target permasalahan pada kulit yang lebih spesifik. Biasanya serum berbentuk cairan yang cenderung transparan dengan tekstur agak kental.

Penggunaan serum disarankan untuk digunakan setelah membersihkan wajah dengan toner atau sebelum menggunakan pelembab atau tabir surya. Banyak manfaat yang dirasakan saat menggunakan serum  di antaranya seperti mencegah jerawat, mencerahkan kulit, menutrisi keseluruhan kulit wajah, menghaluskan tekstur wajah, dan dapat membantu menghilangkan komedo. Karna serum banyak jenisnya, kamu harus sesuaikan dengan kondisi kulit 

Berbeda dengan essence, serum sebenarnya memiliki fungsi yang hampir mirip. Pada dasarnya essence digunakan untuk mempersiapkan kulit, yaitu untuk membentuk lapisan dasar dari pelembab. Selain itu, essence membuat sebuah tekstur kulit agar mampu menyerap lebih kandungan produk skincare lainnya yang akan diaplikasikan setelahnya.

Tekstur dari essence, bisa dikatakan lebih ringan dibandingkan dengan serum. Bisa disimpulkan, bahwa essence  memberikan fungsi serupa dengan serum dengan sifat lebih lembut dibandingkan serum yang pekat. Jadi, essence mungkin lebih cocok bagi kamu yang tidak ingin ada reaksi pada wajah dengan cepat ketika tidak mendapatkan serum yang cocok. Karna sifatnya yang lebih ringan, kamu harus ingat bahwa hasil dari penggunaan essence mungkin tidak secepat dari pada penggunaan serum.

Itu dia beda serum dan essence yang perlu kamu ketahui. Kamu harus ingat juga, bahwa serum dan essence hanya akan bekerja dengan optimal bila digunakan secukupnya. Penggunaan secara berlebihan justru akan mempersulit penyerapan bahan-bahan aktif ke lapisan terdalam kulit sehingga dapat mengurangi manfaatnya.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top