fbpx
Connect with us

Ini Dia Beda Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi yang Jarang Diketahui

Health & Lifestyle

Ini Dia Beda Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi yang Jarang Diketahui

Beda Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Banyak diantara kita yang tidak mengetahui beda kulit kering dan kulit dehidrasi. Padahal, kedua kondisi ini berbeda dan memliki cara penanganan yang berbeda juga. Kulit kering sendiri merupakan tipe jenis kulit dengan ciri kulit terasa kusam dan kasar (kesat), elastisitas rendah, garis wajah terlihat jelas, hingga pori-pori yang hampir tidak terlihat. Jika kamu memiliki tipe jenis kulit ini. Maka kulit kamu akan sangat mudah mengalami pecah-pecah, terasa gatal, iritasi, atau bahkan peradangan.

Biasanya kulit kering bisa diperparah dengan perubahna hormonal, usia, dan cuaca. Bukan hanya itu, faktor lain seperti mandi terlalu lama dan terlelau sering terpapar sinar matahari juga bisa menjadi penyebab kulit terasa kering. Beberapa orang sering mengaitkan kondisi ini sebagai kulit kering. Padahal, gejala tersebut tak selalu menandakan kulit kering, lho!. Bisa jadi, kulit kamu sedang mengalami dehidrasi. Walaupun, kulit kering dan kulit dehidrasi memiliki gejala yang mirip. Namun, keduanya merupakan kondisi yang berbeda seperti yang sudah dijelaskan. Sehingga, keduanya memiliki penanganan yang berbeda juga.

Kulit yang sehat sendiri, memiliki lapisan pelindung alami yang terdiri dari air dan lipid atau sebum yang menjaga kulit agar tetap lembap. Lapisan ini lah yang akan melindungi kulit kita dari radikal bebas dan juga mengurangi penguapan air yang berlebihan. Tapi, jika kulit kita tidak memiliki kelembaban dan minyak lipid yang cukup, maka pelindung alami tersebut tidak dapat terbentuk dan membuat kulit menjadi kering. Lalu, apa bedanya kulit kring dan kulit dehidrasi? Kulit kering jelas berbeda dengan kulit dehidrasi. Kulit yang kering atau sangat kering merupakan kondisi kronis alias permanen yang lebih disebabkan oleh faktor genetik. Itu sebbanya, kulit kering masuk kedalam tipe jenis kulit. Sedangkan, kulit dehidrasi bukanlah salah satu jenis kulit, melainkan kondisi kulit yang terjadi ketika tubuh kekurangan asupan cairan yang membuat kulit terlihat seperti kulit kering

Dehidrasi sendiri, merupakan kondis tubuh yang bisa dialami oleh siapa saja dan tipe jenis kulit manapun. Kebiasaan buruk, seperti kurang minum air putih atau kondisi tertentu, seperti diare, muntah, banyak berkeringat, dan terlalu sering buang air kecil juga bisa membuat kulit mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, berbagai jaringan dan organ tubuh akan kekurangan cairan, termasuk kulit.  Keadaan ini akan membuat kamu merasakan keluhan tertentu, seperti kulit terasa kering, gatal, dan terlihat kusam. 

Kamu bisa menangani kulit dehidrasi ini dengan mengubah kebiasaan hidup kamu lebih baik lagi. Mulailah dengan mengonsumsi air putih yan cukup dan gunakan skincare yang mampu menghidrasi kulit kamu dengan baik. Ketahui juga bebera area kulit yang perlu dihidrasi agar tetap dalam kondisi kulit yang sehat. Itu dia penjelasan beda kulit kering dan kulit dehidrasi. Untuk lebih jelasnya kamu juga bisa tonton video ngobrol dokter dibawah ini ya!

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top