fbpx
Connect with us

Beberapa Kesalahan Penggunaan Sunscreen yang Sering Tidak Disadari

Tips & Trik (Treatment)

Beberapa Kesalahan Penggunaan Sunscreen yang Sering Tidak Disadari

Kesalahan Penggunaan Sunscreen

Penggunaan sunscreen sangat wajib untuk melindungi kulit kamu dari efek buruk sinar matahari. Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit kamu  dari paparan sinar matahari yang  dapat merusak kulit. Penggunaan susncreen menjadi sangat penting, terutama bagi kamu yang tinggal di negara tropis. Sunscreen akan melindungi kulit dari risiko belang dan terbakar, mengurangi pembentukan garis halus dan kerutan, dan menjauhkan risiko kanker kulit. Penggunaan rangkaian skincare tanpa sunscreen, akan membuat skincare yang digunakan tidak bekerja maksimal. Untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimal dari sunscren. Berikut, beberapa kesalahaan penggunaan sunscreen yang perlu kamu ketahui.

Tidak Teliti Dengan Kandungan yang Ada di Dalamnya

Efek dari sinar UVB bisa ditahan oleh SPF (Sun Protection Factor), dan untuk sinar UVA akan ditahan dengan PA pada sunscreen. SPF sendiri merupakan ukuran perlindungan sunscreen terhadap sinar UVB, sedangkan PA adalah ukuran perlindungan sinar UVA. Kamu harus memilih yang sesuai dengan kebutuhn kamu dan tentunya sesuai jenis kulit. Terkadang kita juga salah membedakan antara physical sunscreen dengan chemical sunscreen. Physical susncreen disebut sebagai mineral SPF alami karena terbuat dari bahan aktif, sedangkan chemical sunscreen terbuat dari bahan karbon. Kedua kandungan ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kamu cukup menyesuaikan dengan kebutuhan kamu dan yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk lebih lengkapnya ketahui perberdaan physican sunscreen dan chemical sunscreen di sini.

Penggunaan Terlalu Tipis

Biasakan menggunakan sunscreen sebanyak 2 ruas jari kamu. Jika kamu mengoleskan terlalu sedikit pada wajah kamu, maka fungsinya bisa menjadi kurang maksimal. Kamu harus ingat bahwa kulit wajah merupakan bagian terluar yang kontak langsung dengan paparan sinar matahari, jadi perlindungan yang diberikan harus dengan maksimal juga. Gunakan sunscreen setelah seluruh rangkaian skincare kamu.

Tidak Mendiamkan Sunscreen Selama 20-30 Menit

Kesalahan umum sering terjadi dalam penggunaan sunscreen adalah langsung terpapar matahari setelah pemakaian. Padahal kamu harus mendiamkan selama  20-30 menit terlebih dahulu hingga menyerap ke kulit kamu. Sunscreen membutuhkan waktu untuk terserap ke dalam kulit,  karena beberapa bahan aktif dari sunscreen akan bisa bekerja beberapa saat setelah diaplikasikan. Jadi jangan lupa untuk kamu keluarkan terlebih dahulu sebelum keluar rumah yah.

Tidak Reapply Sunscreen

Hal lain yang sering menjadi kesalahan penggunaan sunscreen adalah tidak pernah mereapply sunscreen. Kinerja sunscreen akan berkurang seiring waktunya, ketika kamu berkeringat atau membasuh muka, maka perlindungan dari sunscreen yang kamu gunakan akan otomatis akan menghilang. Terkadang seseorang malas untuk reapply sunscreen dikarenakan merusak make-up yang sudah digunakan. Kondisi wajah sedang menggunakan make-up maka kamu bisa menjadikan powder sunscreen sebagai pilihan.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top