fbpx
Connect with us

Beberapa Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Tips & Trik (Treatment)

Beberapa Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Kulit Terbakar Sinar Matahari

Aktifitas di luar yang begitu padat kerap kali membuat seseorang mengalami kulit terbakar sinar matahari. Gejalanya biasa muncul beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Kerusakan kulit, biasanya akan terlihat setelah 24 jam. Kulit terbakar sinar matahari atau yang biasa disebut sunburn, merupakan kondisi dimana kulit kemerahan, bengkak, dan terasa perih setelah terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari secara berlebihan. Dalam beberapa kasus, kulit bisa mengalami kerusakan yang cukup parah, seperti melepuh dan mengelupas.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani hal ini. Saat kulit kamu terbakar sinar matahari, kamu tidak perlu panik. Cobalah beberapa cara berikut ini untuk meredakan gejala yang  kamu rasakan.

Berikan Kompres Dingin

Kulit yang terbakar sinar matahari, akan mengalami peradangan yang membuat terasa perih. Cara untuk mengatasi peradangan yang kamu rasakan, kamu bisa mencoba mengkompres dengan air dingin. Kompres dengan air dingin, menggunakan handuk selama 10-15 menit. Kamu juga bisa menggunakan es batu yang ditempelkan pada handuk atau kain. Jangan tempelkan es batu secara langsung ya!

Perbanyak Minum Air

Saat mengalami sunburn, kulit kamu akan terasa kering dan kamu juga bisa merasa dehidrasi. Cobalah untuk perbanyak minum air putih untuk mengganti carian dalam tubuh kamu. Cairan pada tubuh yang tercukupi akan membantu kulit kamu tetap lembap dari dalam dan membantu proses pemulihan pada kulit kamu.

Oleskan Lidah Buaya

Mengoleskan lidah buaya bisa menjadi pilihan untuk menyembuhkan kulit kamu yang terbakar. Zat pada lidah buaya, mengandung zat antiradang dan berdampak baik bagi kulit setelah terbakar oleh sinar matahari. Caranya, kamu bisa oleskan gel pada lidah buaya langusng ke kulit kamu. Lidah buaya memang bagus untuk merawat kulit kamu yang terbakar sinar matahari. Walau begitu, kamu jangan menggunakan produk yang mengandung pewangi lidah buaya terlebih dahulu. Karena beberapa produk tersebut, justru bisa membuat kulit kamu iritasi.

Gunakan Pelembap

Oleskan pelembap pada kulit kamu yang terbakar untuk mempercepat pemulihan kulit kamu yang kering. Pelembap akan membantu meregenerasi kulit kamu. Selalu oleskan pelembap, hindari sinar matahari selama beberapa hari sampai kulit merah yang terbakar sinar matahari telah memudar.

Hindari Beberapa Hal Ini Saat Kulit Terbakar Matahari

Setelah kamu mengetahui beberapa hal untuk meredakan gejala pada kulit kamu yang terbakar, kamu juga perlu mengathui hal apa saja yang sebaiknya tidak kamu lakukan pada saat kulit kamu terbakar oleh sinar matahari. Meski kulit kamu berangsur-angsur mulai pulih, sebaiknya hinadari beberapa hal ini agar kulit kamu cepat pulih.

Menggunakan Pakaian Ketat

Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat saat kulit kamu mengalami terbakar sinar matahari. Kulit kamu bisa mengalami iritasi dari gesekan pakaian yang kamu gunakan. Biarkan kulit kamu yang terbakar sinar matahari terkena udara bebas untuk mempercepat penyembuhan.

Menggaruk Kulit

Saat kulit kamu mulai mengelupas secara perlahan, itu menandakan bahwa kulit kamu mulai pulih. Jangan menggaruk kulit kamu yang terbakar atau sengaja mengelupasnya. Hindari penggunaan produk-produk penglupas kulit yang mengandung asam salisliat, retinoit, atau asam glikolik. Biarkan kulit kamu mengelupas secara sendirinya.

Hindari Kosmetik Sejenak

Memang wajah yang terbakar sinar matahari membuat kita tidak merasa percaya diri. Tapi kamu jangan sampai menutupinya dengan menggunakan kosmetik. Bahan kimia pada kosmetik tidak baik kamu gunakan pada saat kulit sehabis terbakar sinar matahari. Produk kosmetik bisa menjadi sarana infeksi dan alergi yang membuat luka kulit kamu makin parah.

Jika beberapa hal yang sudah dijelaskan telah kamu lakukan tapi tidak ada perubahan pada kulit kamu. Ada baiknya kamu konsultasikan ke dokter secepatnya. Di Wijaya Platinum Clinic kamu bisa konsultasi dengan dokter secara online gratis tidak dipungut biaya apa pun. Klik di sini untuk konsultasi online sekarang.

Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik (Treatment)

To Top