fbpx
Connect with us

Waspada! Ini Bahaya dari Merkuri Untuk Kesehatan Kamu

Health & Lifestyle

Waspada! Ini Bahaya dari Merkuri Untuk Kesehatan Kamu

bahaya dari merkuri

Beberapa produk kosmetik terbukti mengandung merkuri pada bahannya. Banyak produk-produk kosmetik terutama produk impor yang ditarik peredarannya di pasaran. Diantara kita banyak yang masih belum mengetahui bahaya dari merkuri. Apa sih sebanarnya merkuri itu?

Merkuri atau air raksa (Hg), merupakan senyawa yang tergolong pada logam berat. Kegunaan merkuri dimanfaatkan untuk beberapa tujuan, seperti sebagai bahan dasar pembentukan amalgam gigi dan semprotan fungisida. Sayangnya, kegunaan merkuri dimanfaatkan untuk keperluan tidak baik oleh beberapa pihak. Banyak oknum nakal produsen kosmetik, memasukkan merkuri pada produknya. Dengan mengklaim bahwa produk yang ditawarkan dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti menghilangkan bintik atau noda hitam pada wajah, memudarkan bekas luka, dan mencerahkan wajah.

Mengapa merkuri berbahaya?

Banyak diantara kita yang tergiur pada produk kencantikan yang mengandung merkuri dan tidak perduli dengan kandungan yang membahayakan tersebut. Rata-rata wanita tergiur dengan efek yang diberikan, seperti mencerahkan, menghilangkan noda hitam, dan meredakan jerawat. Padahal, badan kesehatan dunia WHO telah menyatakan dengan tegas bahwa merkuri tidak boleh digunakan pada produk kosmetik atau perawatan wajah lainnya.

Alasannya, karean banyak efek samping yang bisa muncul pada poenggunaan merkuri tersebut, seperti ruam, infeksi bakteri, serta mati rasa pada kai dan tangan (Neuropati Perifer). Jika merkuri terus digunakan, merkuri juga bisa masuk ke sistem percenaan dan memicu kerusakan ginjal serta sistem syarah seseorang. Dampak lebih lanjut dalam penggunaan merkuri, dapat meingkatkan janin mengalami cacat fisik dan gangguan mental.

Lalu bagaimana cara menghindari bahaya dari merkuri?

Memang tidak mudah untuk kamu mengenali produk yang kamu gunakan mengandung merkuri atau tidak, terlebih jika kamu masih awam dalam hal tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui produk tersebut mengandung merkuri atau tidak, diantaranya:

  • Jangan membeli produk kosmetik yang tidak mencantumkan bahan-bahan di label produk. Produk yang tidak mencantumkan bahan, biasanya adalah produk yang dipasarkan secara ilegal.
  • Membaca label dari setiap produk kosmetik sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Hindari produk yang mengandung kalomel, hg, merkuri iodida, klorida mercurous, merkuri amoniasi, raksa, cinnabaris, amida klorida merkuri dan hydrargyri oxydum. Senyawa-senyawa tersebut, merupakan nama lain dari merkuri yang harus kamu ketahui.
  • Hindari kosmetik yang terasa lengket atau tampak mengilap saat kamu gunakan. Sebab dua sifat tersebut merupakan indikasi adanya merkuri yang dicampurkan dengan bahan lain.
  • Berhati-hatilah terhadap produk impor yang dipasarkan sebagai produk pencerah kulit atau anti-aging.
  • Hindari membeli kosmetik dengan harga murah, biasanya kosmetik dengan harga murah cenderung menggunakan bahan murah untuk mendapatkan efek yang mirip dengan kosmetik mahal.

Sekarang kamu sudah mengetahui betapa bahyanya merkuri untuk kesehatan. Segera hindari produk kosmetik, jika berdampak pada wajah kamu dan sesegera lakukan konsultasi dengan dokter untuk permasalahan kulit kamu. Kamu bisa berkonsultasi gratis di wijaya platinum clinic secara online, untuk menanyakan masalah-masalah pada wajah kamu. Yuk, langsung konsultasi sekarang!

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top