fbpx
Connect with us

5 Kesalahan Buat Pori-Pori Makin Besar

Health & Lifestyle

5 Kesalahan Buat Pori-Pori Makin Besar

Pori Pori Makin Besar

Pori-pori pada kulit sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Pori-pori memiliki tugas sebagai jalan minyak untuk sampai ke permukaan kulit. Minyak itu yang akan melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari dan berbagai paparan lainnya. Dengan begitu, pori-pori penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan lembap. Ukuran pori-pori seseorang pun bervariasi, tergantung pada usia dan jenis kelamin. Pori-pori juga dapat terlihat membasar oleh beberapa kesalahan yang sering kita lakukan. Masalah pori-pori besar ini, kadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Untuk itu, ketahui beberapa kesalahan buat pori-pori makin besar di bawah ini.

Terlalu Sering Menggunakan Kertas Minyak

Kadang kita menggunakan kertas minyak untuk membantu meyerap produksi minyak yang mengganggu. Penggunaan kertas minyak yang terlalu sering akan membuat kelenjar minyak semakin ditekan maka produksi minyak akan menjadi semakin aktif. Kertas minyak akan membuat kulit wajah menjadi kering karena semua minyak alami telah terserap. Karena itulah, kulit wajah akan memproduksi minyak alami semakin banyak lagi agar kulit tidak kering. Produksi minyak berlebih ini lah, yang akhirnya membuat pori-pori makin besar.

Over Exfoliate

Over exfoliate atau eksfoliasi berlebihan, akan membuat pori-pori kamu justru tampak besar. Eksfoliasi berlebihan ini, akan membuat kulit menjadi kering dari biasanya dan membuat wajah kehilangan minyak alaminya. Ketika kulit kamu makin kering, maka kulit kamu akan memproduksi sebum untuk melindungi diri. Produksi sebum yang berlebih ini, akan membuat pori-pori tampak lebih besar. Untuk itu, batasi eksfoliasi yang kamu lakukan. Jangan terlalu banyak menggunakan kandungan skincare yang dapat mengeksfoliasi kulit kamu.

Salah Pakai Moisturizer

Penggunaan moisturizer juga menjadi penting untuk diperhatikan. Hidari kandungan-kandungan yang dapat membuat kulit kamu makin berminyak. Meski kulit kamu berminyak, kamu tetap membutuhkan pelembap untuk kulit kamu. Karena faktanya, dengan penggunaan pelembap yang tepat justru dapat mengurangi produksi minyak dan memberikan tekstur kulit yang lebih baik. Gunakan pelembab wajah dengan kandungan yang ringan dan mampu memberikan kelembaban ekstra pada kulit, seperti kandungan centella asiatica dan ceremide. Pilih lah moisturizer dengan tekstur gel, moisturizer dengan tekstur gel berbahan dasar air sehingga tidak terasa berminyak saat digunakan, serta teksturnya ringan dan cepat diserap oleh kulit. 

Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, akan merusak dan melamhkan kulagen yang berperan penting dalam menjaga kekencangan kulit. Kerusakan kolagen ini juga yang mmebuat pori-pori akan semakin melebar. Selalu gunakan sunscreen untuk menjaga kulit kamu dari dampak buruk sinar UV. Jangan lewatkan sunscreen setiap harinya, jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Proses Aging yang Tidak Dirawat

Pori-pori yang besar bisa terjadi karena adanya proses penuaan pada kulit. Produksi kolagen yang menurun seiring dengan bertambahnya usia, tidak hanya membuat kulit kendur saja tapi juga membuat pori-pori tampak lebih besar. Kamu harus bisa kembalikan kekencangan kulit dengan treatment maupun penggunaan skincare. Klik di sini untuk rekomendasi skincare anti-aging kamu.

Comments

comments

Artikel lain di Health & Lifestyle

To Top